Bukan Cuma Barang, Kredit Online Juga Bisa Buat Kendaraan Lho

https://lh6.googleusercontent.com/08-Vld8CDvRY1juP_3KQ1mYbDXXNCVrPcn0yLNs5igAR7cZKzOQVwd3DD6JIE1Hbnt1WpD31DIhAqnO1bGf6aKplI3lP5bNBse1WFfB81Rt_RYcYYEJ6L3U0UlMQe4HJolad-Rnc

Fasilitas kredit online yang saat ini populer ada di e-commerce, bisa semakin memudahkan banyak orang dalam kredit barang. Mulai dari gadget, pakaian, sampai perlengkapan dan printilan untuk hobi. Belakangan, kredit online juga jadi metode pembayaran populer yang diminati banyak orang. Gimana nggak, daftarnya cepat, syaratnya mudah, limitnya besar pula! Seperti yang ditawarkan Kredivo dengan limit maksimal s.d Rp 30 juta. 

Bukan cuma itu, rata-rata penyedia kredit online seperti Kredivo, juga bermitra dengan banyak merchant. Mulai dari e-commerce sampai merchant offline toko. Kredivo sendiri kini telah bermitra dengan ratusan merchant. Ada Shopee, Lazada, Bukalapak, Blibli, Tokopedia, JD.id, Bhinneka, Sentra Ponsel, dan masih banyak lagi. Nggak heran, kalau sekarang, Kredivo adalah salah satu fintech kredit online populer dan sangat direkomendasikan. 

Nah, yang paling menarik, seiring dengan limit maksimalnya yang besar dan pilihan e-commerce yang banyak, tahu nggak kalau kredit online bisa juga digunakan buat nyicil motor? Asal limit mencukupi, mau yang bekas atau baru, semua bisa!

Gimana caranya?

Pertama, tentu kamu harus terdaftar sebagai pengguna kredit online lebih dulu. Sebab, fasilitas ini tidak disediakan e-commerce, melainkan disediakan oleh fintech ataupun lembaga multifinansial yang kemudian bekerja sama dengan e-commerce dalam menawarkan layanannya. Fintech kredit online sendiri jenisnya beragam. Ada yang hanya bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman tunai, ada yang hanya untuk kredit barang, ada juga yang bisa digunakan keduanya seperti Kredivo. 

Kedua, daftar sesuai instruksi yang diberikan. Kalau tertarik pakai Kredivo, maka kamu perlu daftar melalui aplikasinya. Download aplikasi resmi Kredivo di Google Play Store atau App Store, kemudian daftar sebagai akun Basic atau Premium. Karena berbasis online, maka otomatis, kamu perlu mengisi data diri dan mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan secara online pula. Mulai dari KTP sampai bukti penghasilan. 

Ketiga, pastikan juga bahwa syarat utama mendaftar kredit online-nya sudah cocok dan sesuai profilmu. Kredivo menerapkan tiga syarat utama bagi pendaftar, yaitu: wajib berusia minimal 18 tahun atau maksimal 60 tahun, memiliki penghasilan minimum Rp 3 juta per bulan, dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. Sebab, kalau syaratnya nggak sesuai dengan profil, maka pendaftaranmu sangat berpotensi besar untuk ditolak. 

Keempat, tunggu proses approval dari fintech terkait. Biasanya, fintech kredit online nggak butuh waktu lama untuk memberi approval pada pendaftar. Maksimal 1 x 24 jam, kamu sudah bisa mengetahui status pendaftaranmu. Kalau disetujui, maka limitnya langsung diberikan, kalau ditolak, kamu mungkin bisa mendaftar kembali nanti, seperti yang ada pada Kredivo. 

Sudah punya akun & limit, bagaimana cara kredit online motornya?

Pertama, tidak semua e-commerce atau merchant memiliki sepeda motor sebagai kategori produk yang dijual. Maka dari itu, kalau sudah terdaftar menjadi pengguna kredit online, pastikan bahwa perusahaan penyedia kredit online tersebut bermitra dengan merchant yang menjual sepeda motor. Dengan begitu, otomatis, pembayaran atau kredit sepeda motornya akan tersedia dengan fasilitas kredit online pilihanmu. 

Kalau kamu menggunakan Kredivo, maka kamu bisa coba kredit online motor di Bukalapak, Blibli, atau Tokopedia. Dari 250+ lebih merchant yang bermitra, ketiga merchant ini adalah yang terpantau menjual sepeda motor, baik baru atau bekas, dan bisa kredit pakai Kredivo. 

Yang kedua, pastikan dulu limit kredit yang kamu punya mencukupi. Misalnya, harga sepeda motor yang mau dikredit Rp 15 juta, tapi limit kreditmu hanya Rp 10 juta. Otomatis, transaksi tidak bisa dilakukan. Selain itu, pahami juga ketentuan suku bunga dan tenor yang berlaku pada fasilitas kredit terkait. Kredivo misalnya, untuk cicilan, memberlakukan opsi tenor 3/6/12 bulan dengan minimum transaksi Rp 1 juta ke atas. Sementara suku bunganya adalah 2,95% per bulan. Nah, dengan maksimum tenor 12 bulan, kamu perlu menghitung-hitung juga besaran angsuran motornya dan sesuaikan dengan kapasitas finansial pribadi. 

Berbeda dengan kredit motor di leasing yang opsi tenornya bisa lebih dari 24 bulan, dengan kredit online, tenornya terbatas. Otomatis, jumlah angsuran per bulannya juga lebih besar. Kalau di leasing bisa hanya Rp700.000 – Rp800.000 per bulan untuk tenor 36 bulan, dengan kredit online mungkin angsuran per bulannya bisa lebih dari Rp 1,5 juta per bulan. 

Apakah kondisi keuanganmu siap?

Menariknya, Kredivo juga memiliki fitur uang muka untuk cicilan. Namun syaratnya, maksimal hanya 30% dari total limit yang dimiliki. Ini tentu bisa jadi kabar baik bagi kamu yang mau kredit tapi limitnya kurang. Contohnya, kalau limit yang kamu dapat hanya Rp 15 juta, tapi harga motor yang mau dikredit adalah Rp 18 juta, kamu bisa menggunakan fitur uang muka untuk kelebihan atau selisih nominalnya yaitu sebesar Rp 3 juta. Syarat dan ketentuannya adalah sebagai berikut: 

  1. Kamu sudah menjadi pengguna Premium. 
  2. Hanya berlaku untuk cicilan 12 bulan.
  3. Maksimum uang muka yang diizinkan adalah 30% dari sisa limit Kredivo-mu. 
  4. Tidak berlaku untuk pembelian dengan kode QR. 
  5. Fitur uang muka tidak akan muncul di halaman pembayaran Kredivo jika transaksi-mu tidak memenuhi persyaratan. 

Gimana, tertarik coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *