Daftar dan Rekomendasi Resep dan Menu MPASI

Trik agar Sukses MPASI, Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?

Memiliki resep yang tepat untuk disapih ketika mulai menyapih dapat membuatnya tidak terlalu menakutkan bagi kalian. Kami telah menyusun daftar resep dan menu MPASI untuk mendukung kalian dalam melancarkan proses MPASI pada sikecil. Disini kami telah membagi resep dalam beberapa tahap, kami menyebut tahap 1 sebagai 14 hari pertama menyapih bayi kalian dan melibatkan pemberian maknanan berair pada bayi kalian. Sebaiknya mulai menyapih setiap saat setelah lima bulan sehingga Kalian siap untuk memperkenalkan banyak variasi dan tekstur dari enam bulan. Jika kalian mulai lebih awal dari 5 ½ bulan, lanjutkan dengan beragam pure campuran hingga bayi kalian berusia 6 bulan.

Tahap 1 menu MPASI 4-6 bulan

Hindari gluten, daging, ikan, biji-bijian, susu, telur benjolan dan makanan jari sampai bayi berusia enam bulan. Yang terpenting ingat untuk tetap santai, dan nikmati pengalamannya!

HARI 1-3

Ukuran Porsi:  30ml / 1oz

Makanan 1:  Ketika bayi paling banyak konten menyarankan 12/12: 30

Tekstur : Runny purée

Makanan pertama : sayuran akar

Sayuran akar mudah dicerna dan ada yang secara alami manis seperti ubi dan labu butternut. Kalian bisa mengukus atau memanggang sayuran sebagai makanan pertama. Banyak orang lebih suka memanggang karena membuat lebih mudah ketika kalian tidak perlu mengupas labu butternut atau ubi! Cobalah beberapa resep makanan pertama kami di bawah ini!

  • Wortel Purée

Haluskan wortel  makanan yang mudah dan lezat rasa pertama.  Mencampur pure menambah variasi dan membuat sayur pahit seperti brokoli lebih enak. Jadi kaian bisa juga mencampur beberapa sayuran agar memiliki rasa yang enak, seperti kentang dan sayuran lainnya.

HARI 3-6

Ukuran Porsi: (30ml / 1oz)

Makanan 1: Sarapan sekitar jam 8 pagi,

Makanan 2:  Makan Siang sekitar 12/12: 30

Tekstur : encer

Makanan Pertama : Sayuran akar atau buah matang

Setelah sekitar 3 hari, Kalian dapat mulai memperkenalkan makanan kedua. Tetap pada ukuran porsi karena lalian tidak dapat menghabiskan susu sebelum usia enam bulan. Pada tahap ini bayi baru belajar mencicipi makanan pertama. Menawarkan buah di pagi hari adalah pilihan yang baik tetapi kalian juga bisa menawarkan sayuran. Selama kalian hanya menawarkan buah dan sayuran pada tahap ini, kalian dapat mencampurnya setiap hari (tidak perlu menunggu reaksi dari makanan sebelum melanjutkan).

  • Wortel & Pea Purée

Saya suka menyiapkan pure individu pada tahap ini dan kemudian mencampur saat saya melanjutkan. Menambahkan variasi bahkan pada tahap awal ini dapat mengatur bayi kalian untuk menerima lebih banyak selera di kemudian hari. Coba  Parsnip Puree yang biasanya saya kombinasi sempurna dalam hal warna. Kemudian wortel Wortel & Kacag  secara alami manis dan bayi cenderung menyukainya ! Sebagai pilihan untuk sarapan, coba purée Apple & Apricot.

HARI 6-14

Ukuran Porsi: (30ml / 1oz)

Makan 1: Sarapan sekitar jam 8 pagi,

Makan 2:  Makan Siang sekitar 12/12: 30,

Makan 3:  Makan malam sekitar 5/5: 30

Tekstur:

Makanan berair:  Campuran Purées

Kalian sekarang dapat menambahkan makanan ketiga biasanya makanan terakhir hari itu. Makan pada pukul 5 atau 5:30 mungkin tidak cocok dengan rutinitas kalian sendiri tetapi ini saat yang tepat untuk bayi kalian. Makan nanti mungkin akan mempengaruhi tidur mereka. Cobalah untuk mencampurkan pure pada siang hari sehingga bayi kalian terbiasa dengan berbagai selera sebelum mencapai batas enam bulan. Pada hari ini kalian juga bisa mencampurkan beberapa sayuran atau buah yang memiliki kandungan air yang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *