Berikut Ini Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan

6 Manfaat Ajaib Kayu Secang Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Diketahui

Kayu secang merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman yang nama latinnya disebut dengan Caesalpinia sappan ini mungkin masih asing di telinga anda. Namun, tanaman ini memiliki banyak manfaatnya, baik kulit kayu maupun kayunya.

Lalu apa manfaat kayu secang? Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan coba memberikan informasi tentang manfaat dari kayu secang sebagai berikut ini :

  • Mencegah Kerusakan Sel

Manfaat kayu secang untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah kerusakan sel. Kayu secang ini adalah tanaman herbal yang mengandung antioksidan, seperti brazilin, flavonoid, dan polifenol. Ketiga kandungan antioksidan tersebut diyakini mampu memcegah kerusakan sel-sel tubuh yang disebabkan oleh efek radikal bebas. Selain itu, antioksidan ini juga diketahui berfungsi dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit tertentu, seperti kanker, dan diabetes tipe 2. 

  • Menurunkan dan Mengontrol Gula Darah

Manfaat kayu secang untuk kesehatan berikutnya adalah dapat menurunkan dan mengontrol gula darah. Dalam hal ini, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi air rebusan kayu secang sangat bermanfaat untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah. 

  • Mengobati Radang Tenggorokan

Manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari kayu secang ini adalah dapat mengobati radang tenggorokan. Dalam hal ini, ekstrak serutan kayu secang ini diklaim bisa mengatasi radang tenggorokan karena telah terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri Strepcococus alpha. Yang mana, bakteri ini bisa hidup pada kulit serta tenggorokan manusia. Pada saat bakteri ini menyebabkan infeksi, maka penularannya bisa terjadi melalui kontak langsung, baik dengan lendir, luka maupun sentuhan kulit.

  • Meredakan Mual dan Muntah

Mual dan muntah bisa menjadi indikasi dari terjangkitnya bakteri Escherichia coli dalam tubuh. Sehingga dengan meminum air rebusan kayu secang yang hangat ini diklaim mampu meredakan mual dan muntah tersebut.

  • Menyehatkan Organ Hati

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak kayu secang ini ternyata mampu menyehatkan organ hati berkat adanya kandungan yang dapat menghambat keracunan karbon tetraklorida atau CCI4.

  • Untuk Mengobati Demam Scarlet

Manfaat kayu secang selanjutnya adalah untuk mengobati demam scarlet. Demam scarlet ini adalah penyakit paling umum yang sering terjadi pada anak-anak usia 5-15 tahun. Adapun gejala dari penyakit ini adalah timbulnya berupa ruam merah terang yang menutupi sebagai besar tubuh, demam tinggi, dan luka tenggorokan.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang sama dengan radang tenggorokan yaitu Streptococcus. Selain menggunakan antibotik, demam scarlet ini juga bisa diobati dengan meminum air rebusan kayu secang secara rutin.

  • Mengobati Asam Urat

Bagi anda yang menderita asam urat, bisa coba menggunakan kayu secang ini. Karena tanaman herbal yang satu ini memiliki kandungan sappanchalcone dan Caesalpin P yang memiliki sifat antiinflamasi. Sifat antiinflamasi pada kayu secang ini diyakini bisa mengobati penyakit asam urat.

  • Penangkal Virus

Manfaat kayu secang lainnya adalah sebagai penangkal virus. Dengan mengonsumsi air rebusan kayu secang secara teratur diyakini mampu untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga bisa terhindar dari virus.

  • Merelaksasi Pembuluh Darah

Manfaat kayu secang yang terakhir adalah dapat merelaksasi pembuluh darah. Bahkan khasiat ini sudah teruji secara ilmiah dan terbukti berkhasiat untuk merelaksasi pembuluh darah (vasoreaxanat).

Nah, bagi anda yang ingin hidup sehat secara alami, mulai hari ini bisa coba mengonsumsi kayu secang secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *