Yuk! Ketahui 10 Fakta Unik dan Menarik dari Nutella yang Banyak Disukai oleh Masyarakat Dunia

main image

Nutella merupakan selai coklat yang fenomenal dan banyak disukai oleh masyarakat dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan cepatnya penjualan produk selai coklat ini di seluruh dunia. Produk olesan roti ini telah terjual di berbagai negara, termasuk Indonesia. Untuk Anda, berikut ini adalah berbagai fakta unik dan menarik dari selai Nutella.

  1. Jumlah Produksi Sangat Banyak Hingga Mampu Digunakan untuk Melumuri Tembok Raksasa Tiongkok

Fakta paling unik dan menarik sekaligus mencengangkan dari selai coklat ini adalah jumlah produksinya yang sangat banyak.

Dikabarkan, produk selai ini per tahunnya dapat digunakan untuk melumuri Tembok Raksasa di Tiongkok sebanyak delapan kali. Bahkan produk selai yang banyak diminati ini per tahunnya bisa memiliki berat yang sama dengan gedung Empire State di Manhattan, AS.

Gedung tersebut memiliki 102 lantai. berarti bisa dibayangkan, jumlah produksi per tahunnya tentu sangat luar biasa banyak.

  1. Napoleon Bonaparte Turut Ambil Bagian dalam Rasa Original Selai Ini

Ternyata, Napoleon Bonaparte juga berperan dalam munculnya rasa original dari selai ini. Pada tahun 1806 saat perang dunia II terjadi, blokade kontinental mengakibatkan berkurangnya persediaan coklat di Italia saat itu.

Akibatnya para pembuat kue di Turin, Italia, menggunakan hazelnut sebagai pengganti coklat dan serta menekan harga. Sejak saat itulah perpadual rasa original selain fenomenal ini tercipta.

  1. Diproduksi Karena Kekurangan Kokoa

Selai fenomenal ini diciptakan pada waktu perang dunia II oleh seorang pembuat kue italia pietro Ferrero. Saat itu, karena kekurangan coklat, selai ini hadir dengan bahan baku hazelnut. Pada tahun 1946, produk ini tercipta dengan nama pasta gianduja sebelum akhirnya berganti nama menjadi Nutella pada tahun 1964.

  1. Sebelumnya Dijual dalam Bentuk Roti

Pada awalnya, selai dari Italia ini dijual dalam bentuk roti yang bernama gianduja. Tetapi pada tahun 1951, roti ini semakin berkembang dan perpaduan rasa coklat-hazelnut ini pun mulai terkenal.

  1. Membutuhkan Waktu Hingga 23 Tahun untuk Amerika Mengimpor

Uniknya, untuk menimpor selai ini AS dan negara-negara lainnya membutuhkan waktu yang sangat lama. bahkan AS membutuhkan waktu selama 23 tahun untuk bisa mengimpor selai italia ini.

  1. Tenar di Sosial Media

Selai yang lahir sejak perang dunia II ini sangat tenar di sosial media karena telah ditAndai lebih dari 7 juta kali di instagram. Selain itu, jumlah pengikutnya di facebook pun sudah mencapai 31 orang.

  1. Pernah Dipasarkan Sebagai Bagian dari Sarapan Sehat

Sebelumnya selai coklat-hazelnut ini sempat dikampanyekan sebagai sarapan yang sehat. Namun hal tersebut justru ditertawakan oleh banyak orang karena sebenarnya produk ini mengandung lemak dan gula yang tinggi.

  1. Coklat Bukanlah Bahan Baku Terbanyak dalam Selai Ini

Sebenarnya bahan baku utama dari selai ini bukanlah coklat, melainkan gula. Selai ini mengandung 56% gula, lalu diikuti dengan minyak kelapa, hazelnut, kokoa, vanili, leisitin kedelai dan susu skim.

  1. Terdapat Hari Spesial Sedunia yang Diciptakan Khusus oleh Penggemarnya

Penggemar selai fenomenal ini bahkan membuatkan hari spesial untuk selai ini yang jatuh pada tanggal 5 februari. Hal tersebut sebagai bentuk kecintaannya pada selain dengan rasa coklat-hazelnut ini.

  1. Setiap 400gr Mengandung 52 Hazelnuts

Perusahaan selai ini menjual 11 juta botol selai dengan berbagai ukuran kemasan. Untuk membuat selai sebanyak itu dibutuhkan 570 juta hazelnut di setiap tahunnya. Sangat banyak, bukan?

Itulah berbagai fakta unik dan menarik dari selai Nutella yang belum banyak diketahui. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda tentang selai buatan italia ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *