5 Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan

https://mdm.tanihub.com/images/10008/product/1600056026-1609040977-1.jpeg

Lobak putih merupakan salah satu jenis sayuran yang berasal dari Tiongkok. Lobak putih (daikon) atau lobak Jepang ini kemudian banyak dibudidayakan di Indonesia terutama di daerah pegunungan.

Jika dilihat secara sekilas sayuran yang satu ini hampir mirip dengan wortel, namun yang membedakannya adalah warnanya, yakni warna putih.

Di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Indonesia dan Thailand, lobak ini seringkali digunakan sebagai bahan campuran dalam hidangan sop, semur, dan lain sebagainya.

Selain itu, sayuran dengan nama latin Raphanus raphanistrum var.sativus ini masuk ke dalam keluarga Brassicaceae yang masih satu family dengan kubis atau sayur kol.

Bukan hanya itu, lobak juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti fosfor, zat besi, kalsium, natrium, kalium, tembaga, seng, vitamin B, vitamin C, serta vitamin K.

Lalu apa saja manfaat lobak putih untuk kesehatan? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Lobak diklaim memiliki kandungan senyawa tertentu yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan lobak dikenal kaya akan sumber antioksidan.

Salah satu jenis antioksidan yang terdapat pada lobak adalah flavonoid yang bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung dan pembuluh darah.

Bahkan sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa zat antioksidan tersebut mampu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti stroke, jantung koroner, dan lain sebagainya.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat lobak putih untuk kesehatan berikutnya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan kalium pada lobak putih yang sangat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Perlu diketahui bahwa kebanyakan kasus tekanan darah tinggi ini disebabkan terlalu banyaknya kadar natrium di dalam tubuh. Sedangkan cara kerja natrium ini bertolak belakang dengan kalium. Hal inilah yang membuat kalium bisa membantu meredam efek samping yang ditimbulkan oleh natrium serta mencegah naiknya tekanan darah.

  • Mencegah Kerusakan Hati

Manfaat lobak untuk kesehatan lainnya adalah dapat mencegah kerusakan hati. Hal ini dikarenakan lobak mengandung enzim khusus yang memiliki aktivitas hepatoprotektif di dalamnya.

Nah, Dengan mengonsumsi lobak putih dipercaya mampu menangkal efek buruk dari zat penyebab kerusakan hati tersebut.

  • Menghambat dan Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Perlu diketahui bahwa lobak putih termasuk ke dalam keluarga sayuran cruciferous yang diyakini mampu membantu untuk mencegah serangan penyakit kanker. Hal ini dikarenakan lobak mengandung senyawa isothiocyanate yang tinggi.

Yang mana, isothiocyanate ini merupakan jenis anti-oksidan yang dapat membersihkan tubuh dari zat penyebab kanker, bahkan dapat mencegah perkembangan tumor. Selain itu, antioksidan ini ini juga berperan sebagai pelindung tubuh dari berbagai radikal bebas.

Bukan hanya sebagai antioksida saja, pada lobak puith juga terdapat kandungan vitamin C, folat, dan berbagai jenis zat lainnya yang tinggi.

  • Baik Untuk Penderita Diabetes

Manfaat lobak putih yang terakhir adalah baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Lobak putih memiliki indeks glikemik yang tergolong kecil, sehingga sayuran yang satu ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes sekalipun. Pasalnya, indeks glikemik yang rendah tidak akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

Artinya, semakin rendah indeks glikemik maka akan semakin sedikit juga pengaruhnya terhadap level kadar gula darah dan insulin.

Itulah 5 manfaat lobak untuk kesehatan. Untuk mendapatkannya, anda bisa membeli lobak putih yang segar di TaniHub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *